Allah mencegah kita manusia berbuat syirik dan sombong.Karena kedua sifat ini membuat Allah menutup diri-NYA dari setiap makhluk. Sampai seorang sahabat bertanya kepada Rosulullah ,"Wahai Rosulullah ! Apakah termasuk sifat sombong jika saya memiliki seekor kendaraan yang hebat?' Beliau menjawab, ' Tidak'. Sahabat tadi bertanya lagi, ' Apakah termasuk sifat sombong jika saya memiliki baju yang indah?' Beliau menjawab, ' Tidak',kemudian sahabat tadi bertanya lagi,' Apakah termasuk sifat sombong jika saya memiliki makanan kemudian saya mengajak orang-orang untuk memakannya?' Beliau menjawab,'Tidak."
Rosulullah juga bersabda,:
"Maukah kalian kuberi tahu tentang wasiat Nabi Nuh a.s kepada puteranya? Beliau berkata, ' Saya hanya memerintahkanmu dengan dua hal dan mencegahmu dari dua hal saja. Saya menyuruhmu dengan laa ilaaha illallah. Karena laa ilaaha illallah ini, jika deletakkan di piringan sebuah timbangan, sedangkan langit bumi berada pada sisi piringan lainnya, niscaya laa ilaaha illallah lebih berat darinya. Dan jika engkau meletakkannyapada sebuah lingkaran besi, niscaya lingkaran itu akan ditembusnya sampai ia berhenti di sisi Allah SWT. Saya juga memerintahkanmu untuk selalu mengucapkan "subhaanalllahil azhim wa bihamdih", karena ucapan ini adalah ibadahpara makhluk dandengannya segala rizki hamba ditetapkan. Dan saya mencegah kalian dari dua hal; berbuat syirik dan berlaku sombong. Sungguh kedua sifat inilah yang menghalangi seorang ham,ba untuk mendapat rahmat Allah". Kemudian ada seorang sahabat yang bertanya, 'Wahai Rosulullah! Apakah termasuk kesombongan jika ada seseorang yang mengumpulkan manusia untuk memakan makanan miliknya atau memakai baju yang bersih? Rosulullah menjawab, 'Hal itu bukanlah kesombongan. Kesombongan itu jika kamu melecehkan dan merendahkan manusia"

Selasa, 30 Maret 2010 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Memberantas Kesyirikan dan Kesombongan"

Write a comment